GAYA HIDUP: Cara Mengatasi Harddisk Yang Berbunyi Agak Kasar Pada Laptop

Senin, 05 Juni 2017

Cara Mengatasi Harddisk Yang Berbunyi Agak Kasar Pada Laptop

Ketika komputer baru dinyalakan atau sedang beroperasi tiba-tiba terdengar bunyi seperti "creck...creck...crick...crick...tek...trek" (atau apalah itu bunyinya) seketika juga program berhenti berjalan (mirip Not Responding). Jika tanda-tandanya demikian maka dapat didiagnosis bahwa terjadi kerusakan pada HDD (Hard Disk/Drive).

Kerusakan seperti itu sering disebut sebagai Bad Sector. Bad Sector adalah suatu kondisi dimana HDD tidak mampu bekerja secara normal, disebabkan oleh piringan magnetik yang melemah, guncangan, kerusakan software, dan daya listrik yang tidak stabil.

Cara Mengatasi HDD Berbunyi "Creck...Creck..."


Bad Sector hanyalah kerusakan tingkat ringan namun jika terjadi terus menerus tanpa ada penanganan maka katakan selamat tinggal pada data-data di HDD sobat. Tetapi jika sobat sudah mempartisi HDD semisal C / D / E dan seterusnya maka kerusakan hanya dapat menyebar pada partisi tertentu saja, tidak sampai ke partisi lain. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi HDD yang berbunyi.

Cara Mengatasi HDD Berbunyi 
Matikan lalu nyalakan kembali


Ketika sedang beroperasi namun tiba-tiba berbunyi dan program menjadi Not Responding maka sesegeralah mematikan komputer sobat. Paksa matikan dari tombol power? Ya memang itu jalan singkatnya :v . Cabut sumber daya listrik ke komputer kemudian diamkan selama kurang lebih 3-6 jam kemudian nyalakan kembali. Masih belum bekerja? Ikuti metode lain dibawah ini!

Cabut kabel PSU ke HDD lalu pasang kembali
Metode ini dilakukan ketika komputer dalam keadaan mati. Cabut kabel yang menghubungkan PSU ke HDD, tunggu beberapa detik kemudian pasang kembali dan coba nyalakan komputer sobat. Biasanya metode ini cukup ampuh, namun jika belum bekerja, lakukan metode dibawah ini!

Baca Juga : Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh


Ketok Magic
Sebenarnya cara ini not recommended karena kemungkinan berhasilnya cukup kecil. Matikan komputer kemudian ketuk bagian tengah HDD dengan tangan. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lemah. Kemudian nyalakan kembali. Mengetok HDD (jika beruntung) dapat memperbaiki posisi jarum agar tidak berbunyi lagi. Masih belum bisa? Next!

Coba ganti PSU
Asupan daya yang tidak stabil dapat mempengaruhi perputaran piringan HDD. Apalagi jika PSU sobat sudah tidak kuat memasok daya dan umurnya sudah terlalu tua. Cukup pinjam PSU teman untuk ditest di komputer sobat. Jika ternyata berhasil, dapat kita simpulkan bahwa terjadi kerusakan pada PSU sehingga daya yang diterima HDD tidak stabil. Belum bisa? Langkah terakhir adalah...

Bawa ke tempat service
Jika HDD sobat sudah tidak tertolong lagi maka segeralah bawa ke tempat service (terpercaya) untuk diperbaiki. Namun bila kerusakannya sudah cukup parah, mintalah untuk menyelamatkan data-data penting pada HDD.

Kerusakan pada HDD cenderung disebabkan karena kerusakan PSU dan file yang berantakan. Ada baiknya sobat menggunakan PSU berkualitas baik (pure) dan lakukan defragment HDD secara berkala guna mengurangi kemungkinan kerusakan HDD. Perhatikan juga umur HDD, jika sudah lebih dari 5 tahun maka sudah saatnya was-was untuk mengantisipasi terjadinya Bad Sector.