GAYA HIDUP: Menu Diet Sehat

Selasa, 12 November 2013

Menu Diet Sehat


Ada berbagai macam diet sehat untuk menurunkan berat badan seperti diet serat tinggi, diet rendah kalori, dan diet karbohidrat. beberapa jenis diet tersebut merupakan jenis diet sehat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara alami.


Sebaiknya macam-macam diet sehat menyesuaikan kebutuhan energi dengan umur, gender, dan aktivitas perorangan karena itu akan lebih aman jika rekomendasi menu diet anda adalah hasil analisis seorang dietitian. karena akan mempertimbangkan kondisi tubuh anda. selain kebutuhan energi, kebutuhan protein untuk diet sehat penurun berat badan hanya sebesar 10-15% dari kebutuhan energi total, demikian juga dengan kebutuhan lemak sebesar 10-25%. kecukupan asupan vitamin dan mineral juga memiliki peranan penting, utamanya vit. B untuk memelihara kekuatan otot saluran cerna. juga disertai dengan asupan cairan tinggi yaitu sebesar 2 – 2,5 liter untuk memperlancar defekasi, dan asupan serat tinggi yaitu sebesar 30-50 g/hari terutama serat larut air yang ebrasal dari beras tumbuk. beras merah, roti yang terbuat dari gandum utuh, sayuran, dan buah.

adapun bahan makanan yang baik untuk diet sehat menurunkan berat badan ini adalah :
sumber karbohidrat : beras tumbuk/merah, havermout, roti yang terbuat dari gandum utuh.

sumber protein nabati : kacang-kacangan yang dikonsumsi dengan kulitnya seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe.
sayuran : sayuran serat tinggi seperti daun singkong, daun kacang panjang, daun pepaya, brokoli, jagung muda, oyong, pare, kacang panjang, buncis, dan ketimun.
buah : buah-buahan berserat tinggi seperti jeruk, nenas, mangga, salak, pisang , dan lainnya.
dibawah ini contoh menu sehari yang diet sehat yang menurunkan berat badan, menu di bawah ini adalah rekomendasi jenis makanan dan porsi yang disarankan bukan hasil pemasakan.



Menu diet sehat menurunkan berat badan